Laman

Sabtu, 01 Juni 2013

Ranma 1/2 ( Ranma nibun no ichi )




 Ranma 1/2 adalah anime dan manga karya Rumiko Takahashi. Manga ini kali pertama terbit di Shonen Sunday, Shogakukan pada awal tahun 1987. Di Indonesia manga Ranma ½ masuk melalui Rajawali Grafiti pada tahun 1992 dan animenya pernah disiarkan oleh stasiun televisi RCTI pada medio 1995, kemudian ditayang ulang oleh TV7  pada medio 2002.





















Cerita :

Ranma dan ayahnya, Saotome Genma, dalam perjalanannya di Provinsi Qinghai, Cina, terjatuh pada mata air terkutuk Jusenkyo. Masing-masing mata air terhubung pada kisah seseorang atau sesuatu yang pernah tenggelam di mata air tersebut ribuan tahun yang lalu. Apabila ada seseorang yang terjatuh di dalamnya maka orang itu akan berubah wujud jika terkena air dingin dan akan kembali ke wujud semula jika terkena air panas. Genma jatuh ke mata air Panda, dan Ranma jatuh ke mata air Gadis.

Setelah mereka kembali ke Jepang, keduanya menemui teman lama Genma, Soun Tendo. Genma dan Soun telah berjanji satu sama lainnya, bahwa nantinya anak Genma dan anak Soun akan dijodohkan dan meneruskan dojo Tendo. Namun Soun punya 3 putri, Kasumi, Nabiki dan si pemarah namun suka menolong si Akane. Akane seumuran dengan Ranma, ia pun ditunjuk oleh kakak-kakak nya untuk jadi jodoh Ranma. Alasan mereka karena Akane tidak suka pria, dan Ranma bisa terhitung setengah pria kadang-kadang karena itu mereka cocok satu sama lainnya. Sebenarnya Akane dan Ranma menolak perjodohan, namun terpaksa menerima hal itu dengan beberapa kesepakatan. Banyak terlihat percintaan yang antara suka maupun benci di antara mereka.

 Tokoh :

1. Ranma Saotome


Akibat berlatih bersama Genma di Jusenkyo, Cina, Ranma akhirnya terjatuh ke dalam mata air bernama Nyanniichuan, dan akibatnya Ranma terkena kutukan. Ranma akan berubah menjadi seorang wanita kalau dia disiram dengan air dingin dan akan kembali menjadi pria saat disiram air panas. Ranma mempunyai harga diri yang tinggi dan mudah terluka, setiap harga dirinya terluka maka Ranma akan melakukan hal-hal aneh di luar logika.




2. Akane Tendo

Akane adalah anak perempuan termuda di keluarga Tendo. Sifat Akane sangat ceroboh, sensitif, dan mudah naik darah. Akane adalah tunangan Ranma dan pertama kalinya bertemu bertemu dengan Ranma saat Akane berumur 16 tahun. Pertemuan awal mereka berdua merupakan kenangan buruk untuk Akane. Semakin lama Akane mulai menyukai Ranma perlahan-lahan bahkan Akane siap mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan Ranma.


3. Ryoga Hibiki

Ryoga adalah rival utama dari Ranma, seorang ahli bela diri yang hebat tetapi mudah tersesat di jalan karena indera untuk mencari arahnya yang sangat buruk. Dia mencintai Akane dan tidak sudi melihat Ranma menjadi tunangan Akane. Sama seperti Ranma dan lain-lain, dia juga terkena kutukan yang apabila dia disiram dengan air dingin maka dia akan berubah menjadi babi kecil. Ryoga sangat dendam karena dia terkena kutukan itu akibat Ranma tetapi saat dia berubah menjadi babi kecil dia sangat disukai oleh Akane dan Akane pun akhirnya memberi dia nama "P-Chan".



4. Shampoo

Shampoo datang ke Jepang dengan niat untuk membunuh Ranma pada saat berwujud wanita, karena Shampoo telah dikalahkan oleh Ranma, tetapi tidak lama kemudian Shampoo sadar bahwa ternyata Ranma adalah pria yang terkena kutukan. Karena hukum dari suku Amazon bahwa para wanita Amazon harus menikah dengan pria yang mengalahkan dirinya. Shampoo mempunyai ilmu bela diri yang cukup tinggi dan saat di Jepang Shampoo tinggal di rumah nenek buyutnya yakni Cologne. Shampoo juga terkena kutukan yang apabila disiram air dingin maka ia akan berubah menjadi kucing.


 
5. Genma Saotome


Genma adalah ayah Ranma. Genma mempunyai sifat yang egois, tamak, dan tidak sensitif. Genma juga terkena kutukan yang sama seperti Ranma tetapi perbedaannya adalah apabila Genma disiram air dingin maka Genma akan menjadi Panda. Genma sebagai seorang ahli beladiri mempunyai sifat yang memalukan tetapi dia adalah seorang ahli bela diri yang sangat kuat, dia menciptakan Umisen-ken dan Yamasen-ken sert mempunyai aura petarung yang menakutkan.



6. Nodoka Saotome


Nodoka adalah Ibu Ranma. Nodoka telah lama tidak bertemu dengan Genma dan Ranma dikarenakan sejak dimulainya latihan, Genma membuat perjanjian untuk menjadikan Ranma sebagai "lelaki di antara para lelaki" dan berjanji untuk melakukan Seppuku apabila gagal. Namun setiap Nodoka mencoba mengunjungi Ranma di rumah kediaman keluarga Tendo, Ranma selalu menyamar menjadi Ranko (menjadi perempuan) dan Genma selalu menyamar menjadi Panda serta berlaku seperti binatang peliharaan Ranko.


 7. Soun Tendo


Soun adalah ayah Akane, Nabiki, dan Kasumi. Soun adalah teman seperguruan Genma dan mempunyai sifat yang tidak jauh berbeda. Soun juga membuka Dojo di rumahnya untuk melatih bela diri yang diturunkan dari Happosai. Soun sangat setia pada istrinya yang sudah meninggal dan tidak berpikiran untuk menikah kembali.






8. Kasumi Tendo


Kasumi adalah anak sulung dari tiga bersaudara. Kasumi adalah orang yang paling baik, lemah lembut, dan penuh dengan rasa keibuan pada dirinya. Akane seringkali iri dengan sifat Kasumi yang seperti itu.





 9. Nabiki Tendo


Nabiki adalah anak perempuan ke dua dari tiga bersaudara. Nabiki mempunyai sifat yang licik dan tidak peduli terhadap orang lain. Demi uang, Nabiki siap mengorbankan apapun dan mendapatkannya dengan cara apapun.






 10. Tatewaki Kuno


Tatewaki Kuno adalah senior di SMU Furinkan dan orang terfavorit di sekolah sampai akhirnya Ranma muncul dan merebut titel itu. Dia berasal dari keluarga yang kaya dan dia juga adalah kapten klub kendo. Suatu hari Tatewaki melihat Ranma dalam bentuk wanita dan langsung jatuh cinta seketika tanpa mengetahui bahwa wanita tersebut adalah Ranma.




 11. Cologne

Cologne adalah nenek buyut Shampoo dan tetua pada suku Amazon. Dia datang ke Jepang untuk melihat Ranma yang kelak harusnya menjadi cucunya dan dia membuka restoran makanan tionghoa yang bernama Cat Cafe (tempat Shampoo dan Mousse bekerja). Walaupun Cologne sudah sangat tua tetapi dia tetap memiliki kemampuan bela diri yang tinggi dan bisa disetarakan dengan Happosai.




 12. Happosai

Happosai adalah kakek tua yang sangat menyukai pakaian dalam wanita dan super genit serta suka membuat onar di lingkungan sekitarnya. Happosai hampir setiap hari mencuri pakaian dalam wanita dan menggoda gadis SMU juga suka mengintip ruang ganti wanita dan pemandian air panas. Kelakuan Happosai ini sering membuat repot Ranma dan teman-temannya, meskipun begitu, Happosai memiliki ilmu-ilmu yang tak terkalahkan. Happosai juga adalah guru dari ayah Ranma yaitu Saotome Genma dan ayah Akane yaitu Soun Tendo.


13. Mousse

Mousse adalah teman lama Shampoo, walaupun Mousse sendiri tidak berpendapat seperti itu. Mousse mencintai Shampoo sudah hampir seumur hidup tetapi tiba-tiba Ranma menyela masuk dan membuat Mousse kesal. Mousse kemudian datang ke Jepang untuk melihat "tunangan" baru Shampoo. Mousse mempunyai kehebatan bertarung dalam menggunakan senjata tajam yang banyak sekali disimpannya dalam baju tetapi kelemahan dia adalah dia mempunyai mata yang buruk sehingga bila kacamatanya dilepas, Mousse tidak dapat melihat siapa-siapa dan sering kali salah membedakan orang dan yang lainnya. Mousse juga terkena kutukan yang membuat dirinya berubah menjadi bebek saat disiram air dingin.


 14. Jusenkyo Guide

Jusenkyo Guide adalah karakter figuran yang muncul tiba-tiba pada manga. Dia berbicara dengan logat bahasa Jepang yang buruk, tetapi dia mempunyai pengetahuan yang luas apabila berhubungan dengan Tiongkok, terutama masalah kolam Jusenkyo, tempat Ranma dan yang lainnya terkena kutukan.


15. Kodachi Kuno

Kodachi Kuno adalah adik perempuan dari Tatewaki yang bersekolah di sekolah khusus putri. Dia adalah juara dari senam ritmik (menggunakan pita), tetapi dia dikalahkan oleh Ranma (saat berubah menjadi perempuan) dan akhirnya benci kepada Ranma saat itu. Kodachi mengira Ranma wanita mencintai Ranma Pria, akhirnya tanpa disadari Kodachi sendiri jatuh cinta kepada Ranma.




16. Kepala Sekolah Kuno

Kepala Sekolah Kuno adalah kepala Sekolah di SMU Furinkan, namun dia pergi berlibur ke Hawaii untuk jangka waktu yang cukup lama. Saat dia kembali secara tiba-tiba, dia langsung membuat banyak peraturan yang menyusahkan dan dia sangat ingin memotong rambut Ranma sehingga dia selalu membawa gunting rambut ke manapun dia pergi. Dia adalah ayah dari Kodachi dan Tatewaki.




17. dr. Tofu Ono

dr. Tofu adalah seorang dokter yang disegani di Furinkan dan dia juga seorang ahli bela diri. Dia juga mendukung hubungan Ranma dan Akane tetapi semua sifat baiknya akan hilang pada saat Kasumi berada di dekatnya, dia jatuh cinta pada Kasumi dan akan menjadi seorang yang ceroboh maupun berbuat hal bodoh setiap Kasumi berada di dekatnya.



18. Hinako Ninomiya

Hinako adalah guru bahasa Inggris yang direkrut oleh Kepala Sekolah Kuno dengan maksud membentuk ulang anak-anak bandel di SMU Furinkan. Dia mempunyai dua bentuk yakni bentuk anak kecil dan bentuk dewasa.



19. Ukyo Kuonji

Sepuluh tahun yang lalu, Genma mencuri barang kepunyaan ayah Ukyo dan menghancurkan perjanjian antara ayah Ukyo dan Genma. Akhirnya Ukyo berjanji untuk tidak menyukai pria dan hidup sebagai pria. Ranma tidak lama kemudian mengetahui bahwa ternyata Ukyo adalah wanita (selama berteman, Ranma mengira Ukyo itu pria), Sementara itu Ukyo yang mengetahui bahwa hubungan Ranma dengan Akane tidak begitu baik membuat Ukyo ingin memisahkan mereka berdua hingga akhirnya Ukyo jatuh cinta pada Ranma.



20. Hikaru Gosunkugi

Gosunkugi adalah murid yang pemalu dan hanya mempunyai sedikit teman. Dia menyukai Akane dan bertekad merebutnya dari Ranma dengan menggunakan Voodoo. Dia juga suka bergabung dengan Kuno untuk melakukan berbagai rencana jahat.



21. Pantyhose Taro

Pantyhose Taro mungkin adalah tokoh yang mempunyai kutukan paling unik pada cerita Ranma dikarenakan dia dibaptis di kolam tenggelamnya Yeti yang memegang belut sambil menaiki sapi saat dia lahir. Happosai sebagai orang yang memberinya nama "Pantyhose" dengan harapan semua menyukainya membuat Taro membenci Happosai, akhirnya Taro terus-menerus mencoba untuk menangkap Happosai dan meminta untuk pengubahan nama.






Akane saat rambutnya masih panjang








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar